19 Fakta Menarik Seputar Film Joker 2019

Salah satu film yang sangat ditunggu-tunggu tahun 2019 adalah Joker. Film ini berkisah tentang seorang pria bernama Arthur Fleck (Joker), yang sehari-harinya bekerja sebagai seorang komedian dan badut. Dalam hidup Arthur, ia banyak sekali mengalami penindasan dari orang sekitarnya. Lama kelamaan ia merasa putus asa dan frustrasi sehingga memicunya untuk melakukan tindakan-tindakan kriminal karena kejadian-kejadian yang ia terima di tengah masyarakat dan terasa egois serta masa bodoh.

Film Joker 2019 diperankan oleh Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz, dan Frances Conroy. Disutradarai oleh Todd Phillips yang juga berperan dalam penulis naskah film ini bersama Scott Silver.

Fakta fim Joker 2019

Entah sejak kapan sosok badut menjadi terkesan menakutkan. Fantasi ini mungkin awalnya berangkat dari dunia perfilman, di mana para sosok badut dideskripsikan sebagai monster yang menyeramkan. Jauh berbeda dengan citra humoris seorang badut kala tampil dengan aksi menghibur di atas panggung.

Melalui beberapa judul film, sosok Joker ini digambarkan memiliki kepribadian yang kontras dengan karakter aslinya. Riasan wajah layaknya badut dengan senyum menyeringai bahkan menjadi hal yang sangat menakutkan bagi beberapa orang dan berujung menjadi salah satu tipe fobia yaitu coulrophobia.

Terlepas dari kritik dan komentar pedas yang dilabelkan para pakar terhadap film Joker, karya dari sutradara Todd Phillips ini layak menjadi film terbaik. Bagi Anda yang sudah atau belum sempat menyaksikan Joker, simak 19 fakta menarik seputar film joker berikut ini.

1. Memiliki latar belakang tahun 1981

Film Joker ini berlatar belakang kehidupan di tahun 1981. Dimana di dalam film tersebut karakter Joker hidup di era tahun 1981.

2. Film Joker Berdasarkan Novel Grafis Batman: The Killing Joke (1988)

Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa Joker merupakan musuh utama dari Batman. Sosok Joker juga pertama kali ditemukan melalui novel Batman tahun 1988: The Killing Joke. Disitulah pertama kali sosok Joker dikenal.

3. Film Joker Diproduksi Warner Bross

Sama seperti Batman, Film Joker dibuat khusus hasil karya rumah produksi Warner Bross.

4. Bradley Cooper Terlibat Sebagai Produser

Bradley Cooper salah satu pihak yang terlibat dalam pembuatan film Joker. Bradley Cooper bertindak sebagai produser utama di film ini.

5. Sempat Dicekal Karena Didominasi Adegan Kekerasan dan Visual Disturbia

Karena adegan kekerasan yang mendominasi hampir seluruh film, Joker diberi label R-rating oleh Motion Picture Association of America.

6. Film Joker Pertama kali Ditayangkan Pada 31 Agustus 2019

Film Joker tayang perdana pada 31 Agustus 2019 yang digelar di ajang Venice International Film Festival yang ke-76. Film Joker juga langsung menyabet penghargaan Golden Lion.

7. Reporter Dilarang Masuk ke Acara Premiernya

Salah satu yang menarik bahwa pada saat acara premiernya hanya para fotografer yang diperbolehkan untuk masuk, sedangkan para reporter tidak diperbolehkan. Masih belum diketahui, keputusan dari pihak Warner Bros untuk melarang para reporter untuk masuk ke dalam gala premiernya masih dipertanyakan.

8. Warner Bros Sempat Mempertimbangkan Leonardo DiCaprio Memerankan Joker

Ternyata sebelum proses mulai film ini, pada tahun 2017, pihak Warner Bros sempat ingin melibatkan Leonardo DiCaprio untuk mengikuti audisi untuk memerankan Joker.

9. Kehadiran Robert De Niro, Zazie Beetz dan Frances Conroy Sebagai Aktor Pendukung

Selain menampilkan akting berkualitas dari Joaquin Phoenix sebagai pemeran utama, Joker juga melibatkan beberapa nama besar dalam industri perfilman. Antara lain, Robert De Niro, Zazie Beetz dan Frances Conroy.

10. Jared Leto Dikabarkan Kecewa Dengan Akting Joaquin Phoenix Yang Memerankan Joker

Jored Leto memang aktor yang lekat dengan sosok Joker yang ia perankan sebelumnya. Namun, dikabarkan aktor yang satu ini tidak terlalu puas dengan akting Joaquin Phoenix yang memerankan Joker. Nah, mengikuti opini dari Jored Leto, bagaimana menurut Anda?

11. Joaquin Pernah Dipertimbangkan Untuk Memerankan Batman

Sebelum memerankan Joker, Joaquin sedang dipertimbangkan untuk memerankan Batman dalam film Batman: Year One besutan Darren Aronofsky, namun hal itu dibatalkan.

12. Film Joker Terpisah dari DC Extended Universe

Joker adalah film pertama sekaligus pembuka lini film-film DC Comics yang berdiri sendiri, yakni DC Black. Joker ini bahkan tidak bersinggungan dengan Batman yang akan dimainkan Robert Pattinson.

13. Joaquin Phoenix Turunkan Berat Badan Hingga 23 kg

Begitulah peran, maka aktor harus totalitas memerankannya. Seperti Joaquin Phoenix yang rela turunkan berat badannya hingga 23 kg. Demi Joker, aktor kelahiran 27 Oktober 1974 ini mengatur pola makan di bawah pengawasan tim dokter. Perubaan fisik ini membuat para kritikus yakin Joaquin dapat masuk nominasi piala Oscar tahun depan.

14. Joaquin Phoenix Adalah Pemeran Joker Terpendek Kedua

Joaquin Phoenix adalah pemeran Joker terpendek kedua. Tingginya hanya 177,8 cm, sedikit di atas Jared Leto (Joker di film Suicide Squad) yang punya tinggi 172,7 cm.

15. Todd Phillips, Sutradara Yang Berpengaruh Bagi Joaquin Phoenix

Dikutip dari Hype, Phoenix mengatakan jika pada awalnya dirinya tidak menerima film ini. Namun, setelah proses yang panjang akhirnya sang sutradara yaitu Tpdd Phillips dapat mengubah pandangan Phoenix akan film Joker ini.
“Saya pikir dia (Todd Phillips) sangat mengesankan dan tampaknya memiliki pemahaman yang sangat menarik tentang dunia ini. Jadi ada sesuatu yang sangat menarik tentang itu dan bekerja dengannya dalam proyek khusus ini,” kata Joaquin Phoenix.

16. Robert de Niro Dipilih Untuk Memerankan Muray Franklin

Robert De Niro diplot untuk bermain sebagai Murray Franklin. Ia menjadi salah satu alasan keterpurukan Arthur Fleck, hingga akhirnya berubah menjadi Joker. Tak banyak informasi yang beredar, hanya saja De Niro pernah mengatakan jika perannya lebih mirip seperti Rupert Pupkin di King of Comedy.

17. Debut Batman Muda

Disini Bruce Wayne kecil memulai penayangan pertamanya. Meski dalam film ini plotnya berpusat pada Joker, tetapi terdapat penggambaran motivasi dari Bruce Wayne untuk menjadi pahlawan favorit dari Ghotam.

18. Filmnya Berbeda Dengan Versi Komik

Todd Phillips dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa cerita dalam film ini adalah cerita original. Jalan cerita dan narasinya tak mengikuti cerita tentang Joker di komik DC.
“Kami tidak mengikuti apa pun dari buku komik. Kami menulis versi kami sendiri. Itu yang menarik bagi saya,” ujarnya.

19. Mendapatkan Penghargaan Kategori Film Terbaik

Sebelum tayang secara luas, film Joker telah terlebih dahulu rilis di acara Venice Film Festival. Mengejutkannya, ia respons baik dari para penonton dengan standing ovation selama 8 menit. Tak hanya itu, ia juga berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi di festival The Golden Lion Award dalam kategori film terbaik. Selamat untuk film Joker.