Drama Korea yang Viral ‘The World of The Married’, Ternyata Menyimpan Banyak Prestasi

Salah satu serial televisi Korea yang banyak menjadi pembahasan yaitu The World of The Married. The World of The Married atau yang dalam Bahasa Korea disebut 부부의 세계 (baca : Bubu-ui Segye) merupakan drama yang berkisah tentang kehidupan pasca pernikahan. Kisah ini diadaptasi dari serial televisi Doctor Forest yang tayang di BBC One pada tahun 2015 silam. Serial ini telah tayang di saluran JTBC pada hari Jumat dan Sabtu pukul 10.50 (waktu Korea Selatan) sejak tanggal 27 Maret hingga 16 Mei 2020. Tak hanya ditayangkan secara lokal di Korea Selatan, The World of The Married juga tayang di berbagai platform seperti Netflix, Viu serta salah satu televisi swasta di Indonesia.

The World of The Married

Tema yang diusung yaitu melodrama, keluarga, romansa dan thriller. Bila biasanya publik disuguhkan dengan berbagai kisah romansa bercampur komedi yang berada di posisi atas, kini di masa ‘stay at home’ akibat pandemi virus Covid-19 ini mereka lebih menikmati kisah yang penuh dengan konflik. Konflik yang disuguhkan juga cukup beragam seperti kasih sayang, kebencian, kerinduan, hingga berbagai usaha balas dendam dikemas dengan baik dalam serial ini. Bahkan, The World of The Married menorehkan sejarah baru sebagai serial televisi Korea Selatan dengan rating tertinggi sebesar 28.371%.

Sinopsis

Tersebutlah seorang dokter di Family Hospital, Kota Gosan yaitu Ji Sun Woo yang diperankan oleh Kim Hee Ae. Dia menjabat sebagai dokter keluarga sekaligus wakil direktur rumah sakit tersebut. Ji Sun Woo memiliki seorang suami dan seorang putra. Suaminya yaitu Lee Tae Oh yang diperankan oleh Park Hae Joon dan putra semata wayangnya Lee Joon Yeong yang diperankan oleh Jeon Jin Seo. Kehidupan Ji Sun Woo terlihat sangat bahagia, namun ia tidak sadar ternyata teman-teman dan suaminya berbohong di belakangnya.

Di sisi lain, sang suami Lee Tae Oh bekerja sebagai seorang sutradara film yang memiliki sebuah studio kecil miliknya sendiri dengan dukungan penuh dari Ji Sun Woo. Sun Woo bukan hanya memberikan dukungan secara moril tetapi juga dukungan finansial karena kesuksesannya yang melebihi Lee Tae Oh. Citra seorang istri yang sangat sempurna melekat pada Ji Sun Woo.
Walaupun segala perhatian dan kasih sayang istrinya sudah diberikan sepenuhnya kepada Tae Oh, Tae Oh malah berani mengambil risiko untuk bermain api di belakang istri tercintanya. Konflik dimulai saat terungkapnya berbagai fakta yang ditemukan sang istri hingga berujung pada pilihan untuk bercerai atau tidak.

Merasa sakit hati dengan tindakan tidak terpuji dari Lee Tae Oh yang bahkan tidak mengakui segala kesalahannya, berbagai strategi balas dendam dibuat oleh Sun Woo. Kemunculan Yeo Da Kyung yang diperankan oleh Han So Hee di rumah sakit tempat Sun Woo bekerja membuat bukti perselingkuhan semakin kuat. Apalagi, saat Yeo Da Kyung diperiksa oleh Sun Woo ternyata sedang mengandung.

Review

Drama Korea berjumlah 16 episode ini menghasilkan banyak pujian dari akting para pemerannya yang sangat mengesankan. Meski tidak bisa ditonton secara bebas oleh semua kalangan, Cultura Magazine memberikan penilaian 4 dari 5 sedangkan untuk IMDb memberikan rating sebesar 8.4 dari 10. Dilansir dari Cinema Escapist bahwa The World of The Married memberikan gambaran pernikahan tak selalu indah.

The World of The Married memberikan batasan usia 19+. Alasan batasan usia tersebut diberikan karena adanya adegan yang membutuhkan pemikiran kritis serta pengendalian konflik yang matang dari para penontonnya. Ditambah dengan adanya adegan ‘panas’ yang bisa dikatakan sebagai sisi gelap dari sebuah pernikahan.

Drama ini menuai kontroversi dengan adanya pembuktian bahwa Negara Korea Selatan tercatat sebagai negara dengan jumlah perceraian tertinggi di Asia Timur seperti dilansir South China Morning Post (scmp.com). Seperti salah satu pasangan yang berita perceraiannya cukup menggemparkan yaitu Song Song Couple. Bagaimana tidak, pasangan yang digadang-gadang sangat cocok satu sama lain bahkan memberikan suguhan kisah yang menjadi dambaan dalam dramanya ternyata berbanding terbalik dengan kenyataan. Berbagai alasan perceraian seakan-akan terungkap dari drama The World of The Married. Serta perjuangan bagi orang tua tunggal, kekerasan dalam rumah tangga, krisis yang dialami anak korban perceraian juga tak luput menjadi perhatian sang sutradara.

Di Indonesia sendiri, drama ini cukup viral dengan banyaknya netizen yang berbondong-bondong menyerbu instagram asli dari sang ‘pelakor’ pemeran Yeo Da Kyung, Han So Hee dalam akun instagramnya @xeesoxee. Mereka menganggap bahwa Han So Hee benar-benar menjadi tersangka dalam keretakan rumah tangga Ji Sun Woo dan Lee Tae Oh. Sedangkan sang pemilik instagram hanya berkomentar positif bahwa aktingnya cukup bagus sampai para penonton menganggap kisah tersebut adalah nyata.

Selayaknya Drama Korea pada umumnya, serial ini juga tidak memberikan kesan yang jelas antara pemeran protagonis dan antagonis. Ji Sun Woo sebagai pemeran utama bisa menjadi baik maupun jahat di saat yang bersamaan. Di sinilah permainan sifat manusia yang sebenarnya dibuat senyata mungkin. Begitupula dengan para pemeran yang lainnya.

Penghargaan

Dari rating yang diperoleh, tentu kualitas drama ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Baru-baru ini, The World of The Married juga memberikan prestasi baru yang cukup mengesankan. Dalam Baeksang Award ke 56 yang digelar pada 5 Juni 2020 silam, drama ini turut mengikuti 4 nominasi. Kim Hee Ae yang memerankan Ji Sun Woo memperoleh gelar sebagai Aktris Terbaik. Tak hanya itu saja, sang sutradara Mo Wan Il juga menyabet nominasi Sutradara terbaik dalam ajang bergengsi tersebut.

Fakta Tersembunyi di Balik The World of The Married

1. Warna pakaian Ji Sun Woo

Bila diperhatikan, warna pakaian Ji Sun Woo sebelum dan sesudah bercerai memiliki perbedaan. Pada pembahasan di balik layar, Kim Hee Ae mengungkap bahwa warna pakaian yang ia kenakan saat memerankan Ji Sun Woo disesuaikan dengan suasana yang dibawa. Sebelum bercerai, warna pakaian yang dikenakan lebih terang sedangkan setelah berpisah cenderung lebih gelap.
Perbedaan warna ini juga terlihat saat adegan pesta ulang tahun Lee Tae Oh. Yang mana pada saat itu Ji Sun Woo menggunakan pakaian berwana navy sedangkan Lee Tae Oh mengenakan pakaian berwarna putih begitu pula dengan Yeo Da Kyung yang memakai warna terang. Pemilihan warna pada pakaian ini juga melibatkan ahli psikologi agar kesan mendalam bisa tersampaiakn dengan baik pada para penonton.

2. Sikap kekeluargaan yang kuat

Di depan layar, Sun Woo begitu kesal terhadap Tae Oh. Namun, berbeda kisahnya saat kamera sudah mati. Kim Hee Ae, Han So Hee dan para aktor yang lainnya memiliki kedekatan layaknya sebuah keluarga dalam proses syuting yang cukup panjang. Bahkan, Kim Hee Ae sudah terbiasa memanggil Jeon Jin Seo dengan panggilan “Nae adeul” yang berarti “anakku”. Akting Han So Hee juga diapresiasi oleh Kim Hee Ae karena di usianya yang cukup muda, namun kemampuan yang dimiliki sudah sangat mumpuni.

3. Gosan adalah kota fiktif

Selalu disebutkan dalam drama tersebut bahwa Gosan adalah tanah kelahiran Lee Tae Oh, sehingga ia tidak bisa jauh-jauh dari tempat asalnya tersebut. Sun Woo dan Tae Oh juga pernah memperdebatkan siapa yang harus pergi meninggalkan kota agar tidak saling mengganggu. Ternyata kota ini fiktif, dan pengambilan gambar kebanyakan diambil dari daerah Chuncheon.